Senin, 31 Agustus 2020

Imunisasi MI Ma'arif Mranggen

 

pelaksanaan imunisasi BIAS di MI Ma'arif Mranggen Kecamatan Srumbung (31/8)

 

Suasana di ruang kelas 1 MI Ma'arif Mranggen terlihat riuh ketika petugas medis berseragam seperti mantol terlihat memasuki area Madrasah. Respons para siswa pun aneka rupa, ada yang biasa saja ada pula yang menangis histeris.

Para petugas medis itu merupakan petugas kesehatan dari Puskesmas Srumbung yang akan memberikan imunisasi kepada siswa kelas 1 MI Ma'arif Mranggen. Mereka mendapat imunisasi  oleh Puskesmas Srumbun pada Rabu (31/8). Program imunisasi ini dalam rangka Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS).

Pemberian imunisasi untuk siswa MI Ma'arif Mranggen perlu dilakukan karena sejak anak memasuki usia Madrasah Ibtidaiyah terjadi penurunan tingkat kekebalan. Oleh sebab itu, pemerintah menyelenggarakan imunisasi ulangan pada anak usia MI/ SD .

Imunisasi adalah pemberian vaksin (virus yang dilemahkan) ke dalam tubuh seseorang untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit tertentu. Ini diberikan mulai dari lahir sampai awal masa kanak-kanak. Imunisasi yang telah diperoleh pada waktu bayi belum cukup untuk melindungi diri dari aneka penyakit maka imunisasi ulangan perlu diberikan kembali sampai usia anak sekolah.

Program BIAS untuk memberi-kan perlindungan kepada anak-anak usia MI/SD terhadap penyakit campak, difteri dan tetanus. Karena itu para guru dan orang tua perlu memberikan dukungan jika anaknya mendapat imunisasi di sekolah oleh petugas Puskesmas setempat.

Imunisasi DT diberikan untuk murid kelas 1 MI/SD. Petugas kesehatan yang diturunkan yakni seorang dokter, seorang perawat, seorang bidan, dan seorang tenaga kesehatan lain.

 

Untuk foto Kegiatan imunisasi lainya bisa dilihat di  SINI

0 komentar:

Posting Komentar